Hadiah Piala Dunia Rp6,6 Triliun?!

Baru taun ini gue kepikiran ada ga ya hadiah duit buat yang jadi juara Piala Dunia. Padahal gue udah nontonin Piala Dunia sejak edisi 1994.

Gue kira selama ini yang menang cuma dapet piala doang sama bintang di jersey. Rupanya dapet duit juga toh. Pas gue googling, e buset, gede juga nominal duitnya ya.

Based on situs FIFA, total duit yang disediain untuk hadiah mencapai 440 juta dolar AS atau sekitar Rp6,6 triliun (kurs 1 dolar AS = Rp15 ribu per hari ini). FIFA dapet duitnya dari berbagai sumber, dari hak siar, penjualan tiket, sponsor, dan lisensi.

Kalau dirinci hadiahnya seperti berikut ini:

  • Juara 1: 42 juta dolar AS (Rp630 miliar)
  • Juara 2: 30 juta dolar AS (Rp450 miliar)
  • Juara 3: 27 juta dolar AS (Rp405 miliar)
  • Juara 4: 25 juta dolar AS (Rp375 miliar)

Buat mereka yang ga jadi juara masih bisa senyum juga karena ada match fee atau uang partisipasi. Itu dikasih buat mereka yang bahkan ga bisa lolos dari fase grup. Rinciannya:

  • 9 juta dolar AS (Rp135 miliar) untuk tiap tim yang mentok di fase grup.
  • 13 juta dolar AS (Rp195 miliar) untuk tiap tim yang gugur di babak 16 besar.
  • 17 juta dolar AS (Rp255 miliar) untuk tiap tim yang ga bisa masuk semifinal.

Harusnya Indonesia bisa lah tampil di Piala Dunia. Kan lumayan kalo cuma dapet match fee doang. Itu duit bisa dipake buat pengembangan sepak bola nasional. Kali aja bisa buat datengin Pep Guardiola jadi pelatih timnas.

Anyway, hadiah di Piala Dunia taun ini bertambah 4 juta dolar AS loh dari edisi 2018. Tiap edisi terus meningkat dan kalo gue liat di situs Statista, hadiah buat juara di Piala Dunia 1982 cuma 2,2 juta dolar AS. Ya saat itu sih duit segitu udah gede banget lah ya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.