Selamat Jalan Pele

Akhir tahun ini kabar suka dan duka bergantian datang. Gue seneng liat Lionel Messi akhirnya bisa angkat trofi Piala Dunia setelah 16 taun menanti.

Tapi senengnya ga lama karena Pele meninggal dunia.

Photo nya Ferran Feixas on Unsplash

Awalnya gue lagi begadang semalem sambil liat2 Twitter. Trs liat ada akun sepak bola yang pasang foto Pele. Ada angka 1940-2022 di fotonya. Kaget dong. Gue langsung googling, masukin nama Pele, dan ternyata bener, sang legenda tutup usia.

Sejak gue nyimak sepak bola mulai Piala Dunia 1994, Pele udah ngga main lagi di timnas Brasil. Gue juga sebenernya tau Pele ya mungkin sekitar awal-awal taun 2000.

Gue malah lebih dulu tau Diego Maradona baru lah Pele. Maradona jelas lebih populer karena aksi cetak gol pake tangan di Piala Dunia 1986.

Kalau Pele agak jarang ya gue liat di berita2. Kadang2 aja gue liat di Youtube. Trs namanya pasti selalu muncul setiap kali ada Piala Dunia karena dia sementara ini satu-satunya pemain yang bisa tiga kali juara Piala Dunia (1958, 1962, dan 1970).

Akhir kata, selamat jalan Pele. Semoga selalu jadi inspirasi walau udah ngga ada.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.