Eranya Virus

Subuh2 hari ini nyalain komputer, klik browser, terus buka2 situs berita. Pas buka BBC, ada satu berita yang menarik buat dibaca, judulnya: Apa itu virus Marburg dan dapatkah dihindari?

Gue baca ampe tuntas terus gue liat ada link berita lain, coba tebak soal apa? Ternyata soal virus lagi. Jadi selain virus Marburg, ada lagi yang namanya virus Hendra. Kepikiran itu nama temen gue kok bisa jadi nama virus ya.

Sumber: Link
Sumber: Link

Ada lagi virus Nipah, virus Zika, virus cacar monyet. Banyak banget.

Sumber: Link
Sumber: Link

Padahal korona aja belum beres, ini udah bermunculan virus2 lain. Beberapa sih kayak Marburg yang sebenernya udah muncul dari lama ya, tapi ga merajalela kayak korona.

Marburg dari yang gue baca pertama kali ketauan tuh taun 1967. Zika juga sempet bikin heboh taun 2016. Alhamdulillah dua virus itu ga pernah mampir di Indonesia (atau pernah ga tau juga). Ke depannya ga tau deh. Mudah2an sih Indonesia selalu aman.

Tapi yang cacar monyet nih yang lagi heboh. WHO ampe kasih status darurat global. Kantor gue juga lumayan highlight soal cacar monyet. Sebenernya udah dari beberapa bulan lalu dibahas, tapi kan juga ada korona, trs juga ada penyakit mulu kuku (PMK), jadi fokus kebelah.

Cuma ya ternyata ada banyak banget virus yak sekarang. Kita di Indonesia ga ngeh aja jumlahnya bejibun. Paling beberapa yang gue sendiri pernah denger tuh dulu ada flu burung, flu babi, MERS. Karena Indonesia ga terlalu kena dampak, jadi ga terlalu hits. Sejak muncul korona aja nih jadi banyak berita2 soal virus.

Satu sisi bagus sih, nambah pengetahuan, bikin kita harus care soal kesehatan, jaga kebersihan. Sisi lain ya ngeri kalo baca judulnya.