Berpulang

Waktu denger kabar BJ Habibie tutup usia, gue langsung inget bokap. Ada lagi satu ayah yang meninggalkan keluarganya. Itu yang spontan muncul di kepala gue.

Sedih ya Habibie sekarang dah ga ada. Habibie bukan cuma sekadar presiden setelah orde baru, tapi dia juga sosok yang menurut gue pinter banget. Iya lah, waktu kecil apa sih yang diceritain ke kita soal Habibie? Apalagi kalau bukan pesawatnya. Dia ampe belajar jauh2 ke jerman buat bisa jadiin Indonesia sebagai negara yang mampu produksi pesawat.

Saat denger cerita Habibie dan pesawatnya, gue sendiri baru sekali naik pesawat. Itu juga belum inget kayak apa rasanya karena gue masih balita.

Selain soal sosok yang pinter, bisa bikin pesawat, Habibie yang gue tau juga pribadi yang lucu. Pernah dia ditanya apa yang paling mengejutkan dalam hidupnya. Kalo ga salah itu ya pertanyaannya. Trus dijawab Habibie, “Jadi presiden adalah hal yang paling mengejutkan.”

Kita tau Habibie tuh wakilnya Soeharto. Tau juga pastinya wakil bisa menggantikan presiden. Tapi Habibie kok ya kaget pas harus gantiin Soeharto yang dulu mengundurkan diri. Gue pas denger Habibe jawab begitu ya ketawa.

Sekarang Habibie tinggal kenangan. Buat gue, Habibie selalu jadi penyemangat supaya selalu belajar, cari ilmu tuh penting. Ada yang bilang, Indonesia merupakan negara kepulauan. Siapa yang bisa menyatukannya hanya mereka yang berilmu.

Akhir postingan ini, gue mengucapkan selamat jalan Pak Presiden, selamat beristirahat.

Tergantung

Lagi mati lampu nih. Semua orang ribut2. Mulai dari orang di rumah, di kantor, di mana2. Tukang ojek aja kmrn ampe numpuk di warung depan kantor karena ngeluh hp mereka susah sinyal jadi ga bisa dpt orderan.

Jadi, ternyata susah juga ga ada listrik tuh. Ga bisa nyalain AC, susah di kamar mandi krn pompa mati, hape kudu irit2 baterai, ga bisa internetan. Kerjaan harus diburu2 karena di kantor yang pake genset harus hemat solar.

Apalagi SPBU ada yang pada tutup. Minimarket aja tutup. Hadeeeeeuuuh. Udah pasti lilin jg pada abis di warung. Kalo ga diidupin juga listrik ampe malem, ya terang suram dah cuma pake lilin.

Skrg udah serba elektronik, jadi ga ada listrik tuh kayak bencana alam. Mgkn kita bisa kali ya pake tenaga matahari buat energi cadangan di rumah. Jadi seandainya kondisi kayak skrg ya ga akan heboh. Tapi panel solar katanya mahal. Yah, nasib.