Pasti Bingung Pilih Kampus

Gue bikin postingan ini bukan karena gue lagi bingung pilih kampus. Lagian gue alhamdulillah udh jadi sarjana 10 taun lalu.

Nah, soal pilih kampus tuh ya pasti ruwet ya. Ngga cuma perkara kampusnya, pasti bingung jg pilih jurusannya. Ngeliat adek gue yg taun ini bakal kuliah, jadi inget gimana dulu gue jg gagal pas spmb (skrg snmptn ya kalo ga salah).

Adek gue gagal masuk unpad sama ipb. Padahal menurut gue pilih jurusannya ga populer, teknik kimia. Tapi tetep aja ga lolos.

Beberapa bulan sebelum spmb sih gue sempet ngobrol sama adek gue. Nanya2 lah dia mau ambil jurusan apa, pilih kampus apa. Plan B nya apa kalau ga keterima spmb. Tapi anaknya malah bingung sendiri alias belum punya rencana cadangan, wkwk.

Akhirnya gue saranin aja ambil jurusan teknik informatika (TI), kampus yg bagus di sini di situ. Lagian skrg jaman digital kan. Semua perusahaan pasti butuh lulusan TI. Tapi, adek gue ga minat gara2 temennya bilang yg namanya coding tuh susah.

Yaelah.

Kadang2 saran temen tuh emg lebih paten ya. Itu jg yg suka bikin gue kesel. Jangan deh buat siapa pun yg mau kuliah, pilih kampus atau jurusan cuma karena ikut2an temen.

Abis itu gue tanya mgkn tertarik ambil jurusan A, B, C, atau D. Tetep si adek ga mau. Eh sebenarnya bukan ga mau sih, lebih krn ga tertarik jadi dia tuh kayak ga akan mau coba. Dan emang bener ga dicoba.

Pada akhirnya dia keterima juga di politeknik, jurusannya teknik kimia. Ya bagus deh. Langsung gue bilangin supaya nanti kalo dah lulus, lanjut ekstensi S1 aja. Dan dia bilang ok. Let’s see.

Tp ga selesai ampe situ dong.

Gue bilang, mau jurusannya kece atau kampusnya bonafit atau yg didapet sesuai yg di mau, yg penting pas lulus mah bisa kerja trs dapet duit. Jangan ampe jg udh IPK kinclong, eh ujung2nya ga kerja.

Makanya buat yg mau kuliah, baiknya pikirin juga rencana setelah lulus. Mau kerja di mana, mau jadi apa. Sayang duit dah keluar banyak, tapi ga balik modal.

Emg ga mesti jg harus langsung mikirin soal kerjaan, tapi menurut gue ga salah jg dong punya cita2.