Selamat Jalan Pele

Akhir tahun ini kabar suka dan duka bergantian datang. Gue seneng liat Lionel Messi akhirnya bisa angkat trofi Piala Dunia setelah 16 taun menanti.

Tapi senengnya ga lama karena Pele meninggal dunia.

Photo nya Ferran Feixas on Unsplash

Awalnya gue lagi begadang semalem sambil liat2 Twitter. Trs liat ada akun sepak bola yang pasang foto Pele. Ada angka 1940-2022 di fotonya. Kaget dong. Gue langsung googling, masukin nama Pele, dan ternyata bener, sang legenda tutup usia.

Sejak gue nyimak sepak bola mulai Piala Dunia 1994, Pele udah ngga main lagi di timnas Brasil. Gue juga sebenernya tau Pele ya mungkin sekitar awal-awal taun 2000.

Gue malah lebih dulu tau Diego Maradona baru lah Pele. Maradona jelas lebih populer karena aksi cetak gol pake tangan di Piala Dunia 1986.

Kalau Pele agak jarang ya gue liat di berita2. Kadang2 aja gue liat di Youtube. Trs namanya pasti selalu muncul setiap kali ada Piala Dunia karena dia sementara ini satu-satunya pemain yang bisa tiga kali juara Piala Dunia (1958, 1962, dan 1970).

Akhir kata, selamat jalan Pele. Semoga selalu jadi inspirasi walau udah ngga ada.

Resolusi

Kalo udah penghujung taun pasti kepikiran resolusi. Tapi gue lebih penasaran arti resolusi itu sendiri. Cek lah gue ke KBBI.

re.so.lu.si

putusan atau kebulatan pendapat berupa permintaan atau tuntutan yang ditetapkan oleh rapat (musyawarah, sidang); pernyataan tertulis, biasanya berisi tuntutan tentang suatu hal.

Definisi resolusi ada 3 based on KBBI. Kalo mikir resolusi itu harapan atau cita-cita di masa mendatang, kayaknya ga ada yang sesuai banget sama yang tertuang di KBBI. Tapi yang mirip2 ya di atas itu.

Kata yang kayaknya mewakili dari difinisi di atas ya permintaan. Tuntutan bisa juga sih. Trs apa permintaan atau tuntutan gue di tahun depan?

Photo nya Tim Mossholder on Unsplash

Nah. Ini menarik. Seiring umur udah terus nambah. Kayaknya gue ga terlalu menggebu2 kayak pas masih usia 20an. Kalo sekarang kayaknya cuma mikir, ‘ah ga usah banyak mau lah, yang penting sehat’.

Ya itu, palingan pingin sehat. Soalnya kalo ga sehat pasti repot.

Apalagi? Mungkin banyak2 bersyukur aja lah ya. Utamanya bersyukur gue masih punya pekerjaan. Dibanding banyak orang sejak ada covid-19 jadi pada ga punya duit. Luntang lantung, stres, malah solusinya ke pinjol. Mudah2an mereka dapet pertolongan.

Ada kawan gue dulu yang selalu bikin resolusi ga pernah berubah tiap taun. Kata dia, ‘resolusi taun depan adalah menuntaskan resolusi taun2 sebelumnya yang ga pernah dikerjain’. Hahaha, leh uga resolusinya.