Kripto Haram

Lagi rame nih hari ini di dunia ekonomi tanah air. Apalagi kalo bukan soal kripto alias cryptocurrency yang dibilang haram. Tapi, ga sepenuhnya juga haram. Katanya haram sebagai mata uang. Kalau sebagai komoditas atau aset yang memenuhi syarat sebagai sil’ah dan memiliki underlying serta memiliki manfaat yang jelas, sah untuk diperjualbelikan.

Sebagai mata uang, di Indonesia pake dolar atau mata uang asing juga ga boleh sih. Jadi ya ga mungkin juga kripto dipake sebagai alat pembayaran. Tp mungkin aja, ga tau juga kan di masa depan.

Nah, mungkin yang bikin bingung pas baca boleh dijual dan dibeli selama memenuhi syarat sebagai sil’ah dan underlying. Gue juga bingung, wkwk.

Sil’ah kalo baca2 tuh salah satu poin pentingnya adalah harus punya wujud fisik. Ya gmn lah itu jadinya? Dah pasti ga ada fisiknya kripto.

Underlying, ini pas gue googling ya asli dah, bahasanya ga ada yang sederhana. Apa yang gue tangkep tuh kayaknya barang itu kudu punya sesuatu yang membuat dia punya nilai. Soal underlying ini gue nemu tulisan bagus, bisa klik di sini.

Manfaat? Hmmmmmmmmm, ya menurut gue kudu terjun langsung buat tau ada manfaatnya atau ngga sih.

Pas udah boom itu berita, muncul lah headline di media sosial dari akun2 yg geluti kripto. Beberapa skrinsyut nya gue post di bawah ini. Semua dari instagram ya.

From watcher.guru
From bloombergbusiness

Yang paling banyak komen di akun bloomberg. Di situ juga ada beberapa muslim luar negeri yang ngakunya dah terjun di dunia kripto lebih dari 1 taun. Beberapa yg laen blg justru jadi kabar gembira karena harga koin akan turun daaaaaaan saatnya serok, bahahaha.

Jadi gimana menurut anda-anda semua yang lagi gandrung di perkriptoan? Apakah akan jual semua koin? Atau justru good time buat nyerok?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.